/ BUMN

Ada Sinergi BUMN, Menteri Rini: Harga Semen di Papua Dulu Rp2 Juta Sekarang Rp500.000

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengklaim sinergi perusahaan negara mulai memberikan hasil pada masyarakat. Seperti di Puncak Jaya Mulia, Papua, harga semen yang dulunya Rp2 juta per sak sekarang hanya Rp500.000 per sak.

Rini mengatakan, sinergi BUMN memang harus terus dilakukan supaya semua kerja yang dilakukan menjadi efisien. Dengan sinergi maka cost logistik yang tadinya besar bisa ditanggung semua. Terlebih itu, semua lapisan masyarakat di berbagai daerah pun bisa merasakan manfaat sinergi ini.

Seperti kemarin, Rini menceritakan kunjungan kerjanya ke Puncak Jaya Mulia, Papua. Di sana dilakukan sinergi antara PT PPI, Semen Tonasa, Semen Indonesia dan Pelni serta Pelindo IV.

"Di sana itu semen per sak ukuran 40 kilogram (kg) harganya Rp2 juta. Kita declare harga semen dengan sinergi menjadi Rp500.000 per sak. Itu enggak ada usaha dan bisa turunkan cost," ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (25/8/2017).

Dia mengatakan, semen yang dijual di Puncak Jaya Mulia sekarang tidak lagi diambil dari Surabaya, tapi dari Makasar langsung dibawa ke Timika. Hal ini yang membuat harga bisa ditekan. Selain harga semen di Puncak Jaya Mulia yang diturunkan, harga semen di Wamena juga sudah bisa diturunkan.

"Mereka biasnya beli itu Rp580.000 per sak, sekarang hanya Rp370.000 per sak. Ini semua sinergi, saya masih yakin Insya Allah bisa turun lagi," tukas dia.

Sumber: okezone.com