Disperindag Mimika Gencar Sosialisasi TDI

Mar 28, 2018

Jakarta, 28 Maret 2018-- Saat ini urusan terkait perizinan termasuk tanda daftar Industri (TDI) bukan lagi menjadi kewenangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) sebab telah tersentralisasi di Dinas Pelayanan Terpadu dan Perizinan Satu Pintu Mimika. Meski demikian Disperindag Mimika sebagai instansi teknis merasa perlu untuk melakukan pengecekan kelengkapan tersebut, termasuk sosialisasi TDI.
Sampai saat ini Disperindag Kabupaten Mimika, Provinsi Papua baru mendata 450 usaha kecil dan menengah di wilayah itu.

Kepala Bidang Industri Disperindag Mimika Rinny S. Jati di Timika, mengatakan data tersebut baru mencakup sebagian dari usaha industri kecil dan menengah.

Pada 2017 pihaknya meklakukan pendataan selama tiga bulan penuh, termasuk memeriksa izin-izin lain seperti SITU, SIUP dan Tanda Daftar Industri (TDI). “Hanya saja karena keterbatasan personel, kami tidak bisa menjangkau semuanya,” kata Rinny.

Untuk melengkapi data tersebut, Disperindag Mimika juga telah mengagendakan pelaksanaan pendataan pada 2018.

"Kali ini kami selain mendata juga melakukan sosialisasi terkait TDI sebab sebagian dari industri yang sudah terdata itu belum miliki TDI padahal itu sangat penting," ujarnya.

"Sebenarnya alasan para pelaku industri ini yang kebanyakan belum miliki TDI karena belum mengetahui saja, maka perlu sosialisasi kepada mereka sehingga segera mereka urus surat-surat yang kurang," kata Rinny.

Pokja Papua

Mendorong terciptanya pertumbuhan ekonomi yang melibatkan perempuan dan suku-suku pedalaman Indonesia