Dua Pasar Rakyat di Biak Numfor Segera Dibangun

Jakarta, 2 April 2018-- Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Biak Numfor, Papua, segera membangun dua unit pasar rakyat di Distrik Biak Kota.

Rencana pembangunan dua pasar rakyat ini menyusul sejumlah pasar lain yang telah dibangun sebelumnya pada tahun anggaran 2016/2017 di pulau Numfor, yaitu pasar Bosnik, pasar Darfuar dan pasar ikan serta pasar mama-mama Biak.

Kepala Disperindag Kabupaten Biak Numfor Yubelius Usior, di Biak, seperti dilaporkan Antaranews, belum lama ini mengatakan, pembangunan pasar rakyat di dua lokasi itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2018.

Yubelius mengatakan, dua lokasi pasar rakyat yang akan dibangun pada 2018 sudah disiapkan Disperindag. "Kini, proyek pembangunan pasar rakyat itu sedang dalam persiapan tender,” tambahnya.

"Kami berharap jika pasar rakyat itu sudah dibangun maka warga kampung setempat harus dapat menjaganya sebagai tempat menghidupkan roda perekonomian masyarakat setempat," ujarnya.

Menurut dia, pasar rakyat itu merupakan program pemerintah untuk menyediakan lokasi tempat berjualan bagi masyarakat orang asli Papua.

"Kehadiran pasar rakyat di kampung sangat dibutuhkan masyarakat lokal sebagai tempat memasarkan hasil kebun dan perikanan ," ujar mantan Kadis Pariwisata Kabupaten Biak Numfor itu.