Gerakan Bersih Danau Sentani

Jakarta, 27 Maret 2018-- Rangkaian peringatan Hari Air se-Dunia 2018 di Papua bertema "Solusi Air Berbasis Alam", selain menampilkan pagelaran seni dan dialog interaktif, juga melaksanakan gerakan bersih Danau Sentani.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50 orang pegawai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Saya Air Balai Sungai Papua.
Kegiatan tersebut dilakukan di samping Terminal Baru Waena, Kelurahan Heram, Distrik Heram, Kota Jayapura.

Koordinator aksi kegiatan Bayu Aditya C mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai wujud apresiasi terhadap kebersihan Danau Sentani yang kondisinya kotor dan kurang mendapat perhatian dari pemerintah dan warga sekitar danau.

"Kegiatan ini juga melibatkan ASN dari Pemkot Jayapura," kata Bayu yang saat ini menjabat sebagai Kepala Seksi Pelaksana Balai Sungai Papua.

Kasubag PU Kota Jayapura Christian Womsiwor mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan pembersihan yang dilakukan itu masih berlanjut dengan beberapa rangkaian kegiatan lainnya diantaranya melaksanakan penanaman pohon di Apo, Distrik Jayapura Utara dan pembersihan bibir pantai Hamadi, Distrik Jayapura Selatan.

"Kita sadar kebersihan merupakan sebagian dari iman, sebagai ASN dan perpanjangan tangan dari Kementerian Pekerjaan Umum yang harus diperhatikan adalah semua sumber air yang berada di Kota Jayapura karena kehidupan kita sentiasa membutuhkan air," kata Christian.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Jayapura Ketty Kailola yang ikut dalam aksi kebersihan itu nampak antusias membersihkan sampah yang terlihat disepanjang bibir Danau Sentani dekat Terminal Baru Waena.

"Terima kasih kepada seluruh peserta yang sudah hadir atas partisipasinya dalam kegiatan pembersihan. Kegiatan ini tidak sampai di sini saja namun sungai dan mata air yang berada di Kota Jayapura wajib kita jaga demi kelangsungan hidup masyarakat di Papua," katanya.