Jokowi: Bangun Infrastruktur di Papua tepat

Ekonomi Dec 09, 2019

POKJA PAPUA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat yakin dengan manfaat infrastruktur yang dibangun di Papua dan Papua Barat. Tidak ada keraguan apapun. Kepala Negara sangat tegas bahwa membangun Papua dan Papua Barat memerlukan infrastruktur yang baik dan bagus.

Hal itu ditegaskan Presiden Jokowi saat membuka Kongres ke-2 Projo di Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (10/12). Ia mengatakan membangun infrastruktur adalah salah satu fokusnya di Papua dan Papua Barat. Tidak hanya lima tahun yang sudah berlalu, tetapi juga lima tahun ke depan.

Infrastruktur di Papua dan Papua Barat sangat penting untuk mempercepat alur perdagangan barang dan jasa di kedua wilayah itu. Dalam pidatonya, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mencontohkan, diwaktu lalu butuh waktu empat hari empat malam dari Nduga ke Wamena. Namun, kini situasinya sudah berubah. Saat ini, waktu tempuhnya hanya empat hingga lima jam.

Demikian juga perjalanan dari Nabire menuju Paniai yang memerlukan waktu berjam-jam dan berhari-hari. Namun, sekarang sudah lebih mudah. Harga barang-barang di wilayah pedalaman Papua dan Papua Barat juga bisa ditekan.

“Itulah pentingnya infrastruktur. Jangan sampai ada yang bilang infrastruktur tak bisa dimakan, siapa suruh makan infrastruktur?” ujar Presiden Jokowi. Ia berharap semua pihak memberi kecerdasaan kepada masyarakat dengan memberi informasi dan pengetahuan yang benar.