Jokowi yang Terpukau dengan Pesona Senja di Kaimana

kamar baca Oct 30, 2019

POKJA PAPUA – Senja di Kaimana. Kaimana adalah Kota Senja. Tempat paling asik menikmati sunset. Di berbagai sudut kota, bisa dengan santai menikmati senja.

Tidaklah mengherankan kalau Alfian pada tahun 1960-an sangat terpukau dan terpana dengan Senja di Kaimana. “Kan ku ingat selalu, kan ku kenang selalu. Senja indah, senja di Kaimana,” Itu bagian lirik lagi Alfian.

Terletak di leher burung, Kota Kaimana menghadap ke barat, menghadap ke arah senja datang. Ketika melakukan kunjungan kerja ke Papua Barat, Minggu, 27 Oktober 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak ingin melewatkan begitu saja pesona senja di Kaimana.

Bersama dengan Iriana Jokowi, keduanya menyambangi Taman Kota Senja. Mereka disambut warga Papua dengan meriah. Suasana sangat semarak dan santai. Kepala Negara bersama warga menari seka.
Kaimana5 Kaimana6 Presiden Jokowi ikuti gerakan Tarian Seka

Tarian Seka adalah satu tarian adat masyarakat pesisir selatan Papua yang meliputi daerah Timika, Kaimana dan Fakfak. Tarian seka adalah ungkapan syukur atas hasil yang berlimpah. Gerakan dalam tarian ini menggambarkan ucapan terima kasih kepada Tuhan karena selain diberi rezeki dan manakan berlimpah, juga dianugerahi kesehatan dan kekuatan.

Presiden Jokowi tak ingin ketinggalan dalam tarian seka. Ia larut dalam suasana dan gerakan tarian tersebut. Keikutsertaan Presiden Jokowi dalam tarian tersebut membuat warga semakin senang dan gembira.

Ia dan Iriana kemudian menuju tepi anjungan Kota Kaimana menikmati senja. Duduk menghadap Laut Arafura. Di kursi dengan meja panjang di depannya. Laut Arafura adalah tempat yang dipenuhi dengan kekayaan laut. Sambil minum air kelapa muda, Jokowi dan Iriana sesekali berfoto.
Kaimana Kaimana4
Selain dikenal sebagai Kota Senja, pariwisata pantai di Kaimana juga sangat indah. Teluk Triton yang tak kalah indah dengan Raja Ampat. Ekspedisi NKRI Tahun 2016 lalu berakhir di Kaimana. Konon dari sinilah dulu, Presiden Soekarno mendapat inspirasi tentang burung raksasa yang gagah perkasa. Burung Garuda Pancasila.