/ Teminabuan

Kakak yang Menginspirasiku

POKJA PAPUA - Perkenalkan, nama saya Novalia Duwit, biasa dipanggil Nova. Saya alumi FIB, jurusan Sastra Inggris Universitas Samratulangi. Saya sekarang ini mengelola Taman Bacaan Pustaka Anak Papua Wernas – Teminabuan (Kabupaten Sorong Selatan –red)

Buku yang sedang saya baca saat ini yaitu buku dari penulis Daniel Coyle judul bukunya "The Talent Code" yang diterjemahkan menjadi Bakat Sukses. Buku ini menceritakan tentang bakat-bakat yang diperoleh oleh seseorang dengan latihan lebih dan mengenal siapa pelatih yang melatihnya dengan tekun niscaya akan mengalami kesuksesan.

Karena tanpa latihan yang lebih, seseorang tidak akan berada pada puncak kesuksesan (dalam bukunya berbicara tentang latihan musik dan juga olahraga yang lain yang menjadi acuan untuk orang yang ingin sukses). Ketertarikan pada buku ini disebabkan Coyle memberikan tips-tips yang begitu luar biasa dan membakar semangat saya secara pribadi. Ia sendiri seorang jurnalis yang telah turun langsung untuk melihat realita di lapangan dan menulis buku tersebut.

Saya memilih tempat yang hening untuk membaca, karena saya selalu berkonsentrasi penuh. Untuk di rumah, berarti menunggu orang atau saat tidak ada kerjaan, saya akan pakai untuk membaca walau biasanya hanya mengulang apa yang telah saya baca, agar tidak lupa. Saya mulai menyukai membaca saat duduk di perguruan tinggi seingat saya saat semster 5.

Saya terinspirasi oleh almarhumah kakak saya yang sudah menjadikan membaca itu lifestyle-nya. Melihat kebiasaan kakak itulah yang membuat saya bergabung di dunia perpustakaan di kampus dan ruang baca di jurusan. Walau saat itu membaca pun harus dipaksa, sebab masih fokus di hp terus hehe.

Saya menyukai Leo Tolstoy, karena membaca buku–bukunya membuat saya memilih novelnya untuk menjadi bahan penelitian saya saat tugas akhir kuliah. Jika ingin memilih buku untuk dibaca saat ini saya akan memilih buku " Kepemimpinan Ala SBY" saya lupa penulisnya. Dalam bukunya dikupas habis tentang kepemimpinan SBY. Dalam buku ini bercerita tentang bagaimana SBY mengambil keputusan-keputusannya yang begitu penting bagi rakyat Indonesia.

Sebut saja waktu Tsunami di Aceh 2006 kala itu di bulan yang penuh hikmat bagi umat Nasrani bulan Desember, beliau dan ibu Ani berada di Jayapura untuk mengikuti Natal bersama di sana. Namun sejak beliau mendapat berita tentang tsunami yang melanda Aceh ia pun mengambil keputusan untuk berkunjung langsung bersama rombongan ke Aceh.

Menurut saya membaca dapat mengubah seseorang mulai dari perilaku maupun cara berpikirnya dan itu pun saya rasakan sejak mulai menyukai buku. Banyak hal yang bisa saya pelajari dan aplikasikan ke kehidupan saya hanya lewat membaca.

Pesan saya untuk semua yang saat ini sementara berjuang untuk mulai menyukai membaca ataupun yang mau jadi calon pembaca yaitu jadikan membaca itu kebiasaan yang tanpa sadar dari waktu ke waktu akan mengubah pribadi anda. Tetap semangat di awal karena di pertengahan kamu akan merasa nyaman.

Semangat terus membaca

Novalia Duwit
Pengelola Taman Bacaan Pustaka Anak Papua Wernas

Catatan: tulisan ini diambil dari https://www.facebook.com/Bukuntukpapua/posts/2410934995622190?tn=K-R