Kampung KB Marsi-Kaimana, Kampung KB Terbersih

POKJA PAPUA – Kampung Marsi, Kaimana, Papua Barat. Di kampung ini, 19 Mei 2016, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, menetapkannya sebagai Kampung KB (Keluarga Berencana) ke-3 di Propinsi Papua Barat.

Kampung ini menjadi percontohan untuk Kabupaten Kaimana tentang bagaimana keluarga harus maju, sejahtera dan mandiri, dan perlahan-lahan bebas dari masalah kemiskinan. Kampung Marsi dipilih dan ditetapkan oleh Puan Maharani, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) sebagai kampung yang bersih.

Nyatanya memang kampung ini bersih, terlihat indah dan rapi. Di sisi dan sudut-sudut jalan, tidak terlihat sampah atau kotoran berserakan. Sejauh mata memandang, Kampung Marsi tertata dan dijaga dengan baik oleh warganya. Apalagi didukung oleh letaknya yang berada di antara dua bukit kecil. Kampung Marsi menjadikan keindahan senja di Kaimana makin sempurna. Warga kampung pun menyadari kalau kebersihan dan kerapian adalah awal yang baik untuk kesehatan yang baik.

Kampung KB adalah salah satu program Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mulai dicanangkan pada 14 Januari 2016. Kepala Negara menargetkan setiap kecamatan memiliki setidaknya satu Kampung KB, sebagai kampung percontohan. Tentu, lebih baik dan bagus kalau semua kampung adalah kampung KB. Hingga saat ini setidaknya sudah terbentuk 15.000 Kampung KB seluruh Indonesia.

Penggerak utamanya tentu saja BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional). Kampung KB sangat penting untuk mengatasi masalah kependudukan. Tidak hanya untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, tetapi hal yang lebih penting adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung, mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas. Tentu saja ujungnya adalah kualitas masyarakat Indonesia yang makin baik dan terus meningkat.

Kampung KB ini adalah implementasi dari agenda prioritas pembangunan Nawacita ke 3, 5, dan 8, Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla (JK). Bahwa membangun Indonesia dari pinggiran (dari kampung/desa) dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Bahwa dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat perlu dilakukan revolusi karakter yang berkualitas.

Entaskan Kemiskinan
Pemerintah menjadikan Kampung KB sebagai miniatur pelaksanaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh di lapangan. Program itu melibatkan dan bersinergi dengan Kementerian/Lembaga, mitra kerja, stakeholders instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di tingkatan pemerintahan hingga yang paling terendah.
Kampung-KB-Pokja

Misalnya, di Kampung Marsi, Kaimana ini. Berbagai pihak bersinergi untuk mensukseskannya. Mulai dari Bupati, Kepala SKPD KB, Camat, Kepala Desa, BPD, LPMD, LPMK, tokoh masyarakat adat, tokoh agama, tim penggerak PKK, kader dan bidan desa. Dan tentu saja BKKBN, BUMN, Pokja Papua, dan aparat keamanan.

Bagi Pokja Papua, Kampung Marsi, Kampung KB di Kaimana dan juga daerah-daerah lain di Propinsi Papua dan Propinsi Papua Barat, keberadaannya bukan saja dalam rangka menjalankan program KB, menekan laju pertumbuhan penduduk, tetapi terutama untuk penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat, terutama suku-suku asli Papua.

Keberadaan Kampung KB di Papua Barat dan Papua diharapkan mampu mengurangi beban hidup yang dialami oleh mama-mama Papua yang kesehariannya adalah tulang punggung bagi keluarga mereka. Sangat tidak mudah bagi mama-mama Papua yang kesehariannya selain memasak dan menyusui anak, juga harus membanting-tulang mencari nafkah.
Pergi ke kebun pagi-pagi, mencari umbi-umbian dan buah-buahan untuk dijadikan bahan makanan. Pulang ke rumah pada sore atau malam hari, menjalankan aktivitas rumah seperti memasak dan menyusui anak.

Karena itu, Kampung KB adalah salah satu jalan yang perlu didukung implementasinya. Program Kampung KB diharapkan mampu memberi pemahaman tentang arti dan pentingnya punya keluarga yang berkualitas, maju dan mandiri, sehat dan sejahtera.

Kampung KB merupakan upaya penguatan Program KKBPK yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB.

Presiden Jokowi dalam arahannya tentang Kampung KB menekankan bahwa Program KB harus lebih fokus kepada masyarakat kurang mampu dan atau tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan.