/ Honai Papua

Kantor OJK Papua Didesain Sesuai Budaya Papua

Jayapura - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuka Kantor di Papua dan Papua Barat yang berlokasi di Jalan Balai Kota No.1 Jayapura. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, Senin, 29 April 2019.

Dengan demikian, OJK akan memiliki kantor sendiri di wilayah Papua setelah selama empat tahun berkantor di Gedung Bank Indonesia Jayapura. “Besarnya perhatian Pemerintah Kota dan Pemerintah Propinsi tentu menunjukkan besarnya harapan agar keberadaan fisik Kantor OJK dapat lebih banyak membawa manfaat bagi masyarakat,” kata Wimboh.

Keberadaan Kantor OJK Papua akan memperkuat pengawasan industri jasa keuangan dan perlindungan konsumen di daerah tersebut. Selanjutnya membantu upaya pemerintah daerah meningkatkan perekonomian dengan memperluas akses keuangan masyarakat.

Peletakan batu pertama pembangunan kantor tersebut, selain dihadiri oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, juga Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano dan sejumlah pejabat daerah.

Wimboh mengatakan, pihaknya siap melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat Papua dan Papua Barat agar lebih terjangkau oleh fasilitas keuangan. Dengan demikian, berbagai potensi yang ada di daerah bisa dimaksimalkan dengan baik.

Bangunan yang dibangun akan disesuaikan dengan karakter dan budaya Papua. Ornamen dan interiornya akan menggambarkan pesona budaya dan masyarakat Papua. Kantor tersebut akan menjadi ruang interaksi, ruang mediasi dan ruang edukasi masalah keuangan yang inklusif bagi seluruh masyarakat Papua dan Papua Barat.