/ pasar mama papua

Ke Jayapura, Mampirlah ke Pasar Mama-Mama Papua

Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano didampingi Ketua Pokja Papua, Judith J.N. Dipodiputro, Deputi bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal, meresmikan Pasar Mama Jayapura, Maret 2018

POKJA PAPUA – Tahun 2018, Mama-Mama Papua sah memiliki pasar sendiri. Pasar Mama Papua di Kota Jayapura disahkan oleh Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano. Pasar megah dengan empat lantai yang menampung sekitar 300-an pedangang.

Tahun 2017, Pokja Papua melatih dan mengenalkan Mama-Mama Papua tentang cara penggunaan fasilitas yang ada di tempat ini. Saat itu, ada 212 padangang pasar mama-mama Papua yang telah terverifikasi oleh Pemerintah Kota Jayapura.
Mama-Papua1 Ketua Pokja Papua, Judith J.N. Dipodiputro memberi penjelasan kepada Mama-Mama Papua tentang Pasar Mama Papua

Ketua Pokja Papua, Judith J.N. Dipodiputro, mengatakan Pasar Mama Papua Jayapura di lantai satu pasar khusus pedagang buah, sayuran, ikan, daging dan ayam potong. Pendekanya lantai itu khusus pasar basah. Sementara lantai dua khusus pedagang klontong atau pasar kering. Hasil kerajinan tangan khas Papua, noken, dan oleh-oleh Papua dijual di sini.

Di lantai tiga, dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama didesain menjadi tempat makan, yang menjual makanan khas Papua. Sementara bagian kedua menjadi tempat main bagi anak-anak pedagang. Ruangan untuk Rumah Anak Harapan disediakan di sini. "Rumah ini semacam home schooling. Di saat sang mama Papua jualan, si anak bisa belajar di ruangan ini,” kata Judith kala itu.
Mama-Papua2 Mama-Mama Papua berjualan di jalan sebelum dibangun pasar

Lantai paling atas adalah ruangan keluarga sehat sejahtera, gabungan dari berbagai instansi yakni BPOM, Badan Pemberdayaan Perempuan, Dinas Perdagangan, Dinas Perikanan dan sejumlah instansi lainnya. Di ruangan itu tertera nomor kontak dan nama petugas yang langsung bisa dihubungi, jika mama pedagang ini mengalami kesulitan.

Di sini juga ada Aula Tongmaju, tempat program pembinaan dan juga Perpusatakaan Digital Indonesia. Semua fasilitasnya gratis, bisa dimanfaatkan oleh para pedagang.