/ Pasar Pharaa

Keluarga Sehat, Mama Semangat Dagang di Pasar

Anak-anak belajar menggambar dan mewarnai di hila imae

POKJA PAPUA – Pembangunan pasar modern di Papua oleh pemerintah di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu dilengkapi dengan ruangan khusus tempat anak-anak bermain. Misalnya, dalam pembangunan pasar terintegrasi di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Mama-mama bisa terus berjualan, sementara anak-anaknya bisa bermain untuk mengasah kemampuan yang mereka miliki di tempat yang telah disediakan. Rumah Anak Harapan (RAH), nama tempat untuk anak-anak tersebut.
RAH1 Golda Ketrie, seorang pembina dari Pokja Papua sedang membimbing anak-anak di hila imae

Di RAH, anak-anak bisa belajar membaca dan menulis. Latih menggambar dan mewarnai yang fasilitasnya disiapkan secara gratis. Tujuannya, selain anak-anak tidak mengganggu orang tuanya berjualan sebagai pedagang, juga untuk meningkatkan minat pada pendidikan.

RAH dalam bahasa Puyaka, salah satu suku di Sentani adalah hila imae, taman hiburan, tempat bermain. Di Pasar Pharaa, hila imae dirancang oleh arsitektur Hadiprana. Dirancang dan didesain sesuai dengan kebiasaan cara bermain anak-anak suku-suku asli Papua. Dengan demikian, mereka tidak merasa terasing dengan tempat bermain tersebut saat ditinggal orang tuanya berjualan. Hila imae selalu di lantai paling atas dari bangunan pasar.

Selain RAH, pasar terintegrasi juga dilengkapi dengan Rumah Keluarga Sehat (RKS). Dalam bahasa setempat hila onomi fenemi imae. Pemerintah ingin memastikan mama-mama Papua yang menjadi pedagang memiliki kesehatan yang prima. Di hila onomi fenemi imae mereka bisa mendapat layanan kesehatan yang baik. Anak-anak mereka juga sama. Semua harus sehat. Jika ada yang tidak sehat harus segera mendapat perawatan.
Pemeriksaan-Kesehatan Pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan PT Kimia Farma, agar tetap prima dalam menjalankan pekerjaan di hila onomi fenemi imae*

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi pernah menyempatkan diri mengunjungi RAH di Pasar Pharaa. Presiden ingin memastikan bahwa pasar terintegrasi itu sesuai dengan desain yang direncanakan dari awal. Presiden Jokowi tidak ingin stigma masyarakat Papua dan Papua Barat diabaikan oleh pemerintah terus berlanjut.
RAH3 Pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan gratis

Bagi Presiden Jokowi, seluruh wilayah Indonesia harus dibangun secara sama dan merata. Tidak ada yang dianakemaskan dan tidak ada yang dianaktirikan. Keberadaan Pokja Papua di antaranya adalah untuk memastikan janji-janji Presiden Jokowi terimplementasi dengan baik di lapangan.