Masyarakat Papua Segera Nikmati Jaringan Internet Kecepatan Tinggi

Jakarta, 6 April 2018-- Wilayah Papua dan Papua Barat pada 2019 mendatang bakal menikmati jaringan internet berkecepatan tinggi. Hal ini dimungkinkan dengan tengah dikebutnya pembangunan proyek Palapa Ring Timur oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi di dua Provinsi itu.

Di dua Provinsi wilayah Indonesia Timur itu saat ini terdapat 30 kabupaten. Daerah-daerah itu sebelumnya belum sama sekali mendapat jaringan. Melalui program ini semua akan menerima dan masyarakat bisa menikmati jaringan internet kecepatan tinggi.

Menteri Kominfo Rudiantara di Manokwari, Jumat (6/4) mengatakan, 30 daerah di dua provinsi ini akan dihubungkan dengan 11 daerah existing. Secara keseluruhan pemasangan kabel optik di dua provinsi paling timur tersebut meliputi 40 daerah lebih.

Pihaknya menargetkan, pemasangan infrastruktur jaringan telelokomunikasi ini tuntas pada akhir tahun 2018. Sehingga pada tahun 2019 seluruh masyarakat Papua dan Papua Barat bisa menikmati internet berkecepatan tinggi.

"Termasuk di daerah pegunungan, pedalaman dan pesisir," kata Rudi saat meninjau pemasangan kabel optik didampingi Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan.

Menurutnya, kecepatan internet jaringan kabel optik ini akan disesuaikan dengan permintaan mengacu pada jumlah penduduk.

Melalui program ini, lanjut Rudi, Presiden Joko Widodo mengingan kecepatan internet di seluruh wilayah Indonesia sama. Begitu pula tentang tarif yang diberlakukan setiap operator.

"Jangan ada kesenjangan, semua daerah harus satu harga, satu kualitas yang sama agar masyarakat tidak lagi membeda-bedakan antara Jawa dan Papua atau dengan daerah lain," sebutnya.