/ Pokja Papua

Mereka Diajak Presiden Jokowi Liburan ke Ancol

Jayapura – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak siswa-siswi SD Inpres Kemiri di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura berlibur ke Dunia Fantasi Ancol pada saat liburan sekolah mendatang. Mereka sengaja diajak untuk melupakan suramnya bencana alam yang mereka alami beberapa waktu lalu, tepatnya, 16 Maret 2019.

“Saya mengundang mereka untuk datang ke Jakarta pada saat liburan sekolah nanti. Saya ingin mengajak Arnold, Lea, Rey, Elsa, Petrus, dan teman-temannya berlibur di Dunia Fantasi Ancol,” kata Presiden Jokowi dalam akun Facebook dan Instagram miliknya.

SD Impres Kemiri rusak berar setelah diterjang banjir bandang. Saat Presiden Jokowi meninjau sekolah tersebut, 1 April 2019, lumpur masih menumpuk di halaman dan teras bangunan sekolah. Isi ruangan kelas berantakan, buku dan bangku-bangku sekolah rusak, tak dapat dipakai lagi.

Karena itu, ia memerintahkan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, untuk segera merapikan bangunan dan lingkungan sekolah ini. Diharapkan proses perbaikan akan cepat dilakukan sehingga anak-anak bisa bersekolah dengan normal lagi.

Banjir bandang yang terjadi Maret 2019 tidak hanya memporak-porandakan SD Impres Kemiri, tetapi juga Kota dan Kabupaten Jayapura. Akibat bencana itu, lebih dari 100 orang meninggal dunia dan belasan ribu warga mengungsi. Mereka di antaranya mengungi ke GOR Touware di Kampung Kwadeware.