Pasar Mama Papua di Jantung Kota Jayapura

pasar mama papua Apr 30, 2019

Jayapura – Bangunan setinggi 4,5 lantai berdiri kokoh dan megah di bekas Terminal Damri, Jalan Raya Percetakan, Kota Jayapura, Papua. Pasar Mama Papua. Tepat di jantung Kota Jayapura! Di tengah-tengah sejumlah bangunan modern Kota Jayapura.
Bangunan itu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) 2017 lalu.

Fasilitasnya lengkap dan mewah. Ya, itu adalah salah satu janji Jokowi ketika mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilu 2014 lalu. Bangun Pasar Mama Papua, menyediakan pasar khusus bagi mama-mama Papua yang ingin berdagang.

Dengan keberadaan pasar itu, Mama Papua tak harus berdagang di emperan pasar, di bawah terik matahari atau di bawah guyuran hujan. Di bangunan itu, terdapat lapak-lapak pedagang dilengkapi dengan tempat cuci tangan berkualitas prima. Jika biasanya, lapak pedagang pasar di Kota Jayapura hanya terbuat dari kayu atau tripleks, kali ini sengaja dibuat permanen dengan semen dan beralaskan keramik.

Ketua Pokja Papua, Judith Dipodiputro, seperti ditulis www./liputan6.com mengatakan, Pasar Mama Papua Damri dapat menampung hingga 300-an pedagang. Di lantai satu berisi pasar basah yang terdiri dari pedagang buah, sayur hingga penjualan ikan, daging dan ayam potong.
Pasar-Mama1

Di lantai dua, luas lahan mencapai 4.490 meter ditempati oleh pedagang kelontongan alias pasar kering. “Penjualan kerajinan tangan Papua, termasuk noken dan oleh-oleh khas Papua dijual di lantai 2, dilengkapi dengan toko pakaian dan makanan kering khas Papua lainnya,” kata Judith.

Sementara di lantai tiga, dikhususkan untuk penjualan makanan jadi khas Papua, termasuk ruangan untuk Rumah Anak Harapan yang diperuntukkan bagi anak-anak pedagang. "Rumah ini semacam home schooling. Di saat sang Mama Papua jualan, si anak bisa belajar di ruangan ini,” katanya.

Adapula ruangan keluarga sehat sejahtera, gabungan dari berbagai instansi yakni BPOM, Badan Pemberdayaan Perempuan, Dinas Perdagangan, Dinas Perikanan dan sejumlah instansi lainnya. ”Ada juga Aula Tong Maju atau kita maju, yakni program pembinaan Papua Bekerja dan juga Perpusatakaan digital Indonesia yang berisi 3000-an buku. Semuanya gratis, bisa dimanfaatkan oleh para pedagang," kata Judith.

Destinasi Wisata
Presiden Jokowi membangun Pasar Mama Papua memang tak main-main. Pasar itu didesain dengan model bangunan pasar modern dengan fasilitas yang sempurna menghadapi era digital ke depan. Pasar Mama Jayapura bahkan menjadi ikon baru Kota Jayapura dan bahkan Papua.

Banyak kalangan ingin tahu seperti apa Pasar Mama Jayapura yang berdiri kokoh di lokasi paling strategis di Kota Jayapura. Pasar Mama Jayapura adalah salah satu dari sejumlah pasar lain yang dibangun Presiden Jokowi di Tanah Papua.

Memang menjadi tantangan tersediri, bagaimana Pemda Kota Jayapura, Pemda Propinsi Papua dan masyarakat Papua secara keseluruhan menjaga dan memelihara, serta memanfaatkan pasat tersebut dengan baik. Menurut Judith, itulah pekerjaan ke depan sehingga bagunan itu tidak malah mubasir. Pendampingan, pelatihan dan pembinaan terhadap Mama Papua yang menjadi pedagang sangat diperlukan ke depan.

Pokja Papua

Mendorong terciptanya pertumbuhan ekonomi yang melibatkan perempuan dan suku-suku pedalaman Indonesia