Pembangunan Jembatan Holtekamp Terima Penghargaan MURI

Jakarta, 31 Maret 2018-- Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan kepada Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas pelaksanaan pembangunan Jembatan Holtekamp.

Kedua penghargaan itu dianugrahkan kepada Direktorat Jendeal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, atas pertama Pengiriman rangka baja pelengkung bagian tengah secara utuh dengan jarak terjauh. Penghargaan kedua yakni Pengangkatan dan Pemasangan Rangka Baja Jembatan dalam Bentuk Utuh Terpanjang.

MURI beralasan penghargaan yang diberikan adalah penghargaan pertama kali di Indonesia, bahkan dunia dalam pengiriman rangka baja box pelengkung terpanjang dengan bentang 112,5 meter dan berat 2.000 ton yang dirangkai di PT. PAL dan pengiriman dilakukan dengan LCT (Tongkang) terjauh rangka baja jembatan dengan utuh yaitu sejauh 3.200 km dari Surabaya hingga ke Jayapura.

"Rangkaian pengerjaan Jembatan Holtekamp merupakan inovasi baru dalam pengiriman kerangka baja jembatan yang dilaksanakan oleh perusahaan Konsorsium yang dilakukan PT PP, PT HK dan PT NK dan belum pernah dilakukan oleh pihak lain untuk pekerjaan sejenis," kata Manager MURI, Andre Koandono.

MURI mencatat pengiriman rangka jembatan baja secara utuh baru pertama kali terjadi di dunia. Sebab biasanya, rangka jembatan dikirim dan dipasang secara terpisah.
"Pengiriman terjauh dan jembatan terberat diraih Jembatan Holtekamp dalam rekor ini dan sangat wajar, jika MURI memberikan penghargaan ini," jelas Andre.