Presiden Tinjau Pembangunan Jembatan Holtekamp

Apr 12, 2018

Jakarta, 12 April 2018-- Presiden joko Widodo pada Kamis pagi (12/4) meninjau proyek pembangunan jembatan Holtekam, Kota Jayapura, Papua. Pembangunan jembatan ini diharapkan segera berfungsi dan berdampak pada pertumbuhan perekonomian di sekitar kawasan tersebut.

"Kita harapkan di akhir tahun ini selesai dan bentangan panjang jembatan 732 meter ditambah jalan menjadi 7.800 meter, maka ini menjadi sebuah jembatan paling panjang," ujarnya di Jayapura, Kamis.

"Yang kita harapkan (Jembatan Holtekam) dapat menumbuhkan titik-titik perekonomian baru di Jayapura dan sekitarnya karena ini akan memperpendek jarak dari Kota Jayapura menuju ke Skouw yang biasanya ditempuh 2,5 jam dan dengan adanya jembatan ini menjadi satu jam," sambungnya.

Dalam peninjauan tersebut Presiden didampingi oleh Ibu Iriana Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Penjabat Gubernur Papua Soedarmo, Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) X Papua Osman Marbun.

Presiden menyatakan Jembatan Holtekam dirancang oleh arsitek dari Indonesia dan pengerjaannya dilakukan bersama oleh beberapa perusahaan BUMN.

Selain itu proyek pembangunan yang peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 9 Mei 2015, pembiayaannya ditopang secara bersama antara pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota Jayapura dengan total anggaran Rp1,7 triliun.

Peninjauan ke lokasi pembangunan Jembatan Holtekam, merupakan salah satu rangkaian kegiatan Presiden saat mengunjungi Papua untuk yang kedelapan kalinya, pada 11-12 APril 2018.

Pokja Papua

Mendorong terciptanya pertumbuhan ekonomi yang melibatkan perempuan dan suku-suku pedalaman Indonesia