/ BUMN

Rini Soemarno: Kalau Harga Semen Naik Lagi, Lapor ke Saya

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta masyarakat Kabupaten Puncak Jaya mengawasi harga jual semen.

Saat ini, harga semen di Puncak Jaya telah ditekan ke angka Rp 500.000 per sak. Padahal harga sebelumnya mencapai Rp 1 juta bahkan sempat tembus Rp 2 juta per sak.

"Kalau semennya naik lagi, lapor ke saya," ujar Rini di sela-sela kunjungan ke Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Selasa (21/8/2017).

Penurunan harga semen di Puncak Jaya bisa dilakukan setelah adanya sinergi 4 BUMN yaitu PT Semen Tonasa sebagai penyuplai dan PT Pelindo IV mengurusi pengiriman di pelabuhan. Selain itu ada pula PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) sebagai distributor dan PT POS Indonesia sebagai penyimpan atau gudang beras sebelum dijual ke masyarakat.

Melalui sinergi ini, biaya logistik jadi turun. Seperti diketahui, mahalnya harga barang-barang di kawasan Indonesia timur disebabkan oleh mahalnya biaya logistik dan panjangnya rantai pasok.

Bupati Puncak Jaya Henok Ibo sumringah menyambut baik penurunan harga semen dari harga terakhir Rp 1 juta menjadi Rp 500.000. Menurutnya hal ini akan menurunkan biaya bangunan permanen hingga 12,5 persen di Puncak Jaya. Adapun biaya bangunan semi permanen akan turun 9,8 persen.

Sumber: kompas.com