RSUD Jayapura dan Nabire Terbaik Nasional Tangani TB

Jakarta, 29 Maret 2018-- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura dan RSUD Nabire memperoleh penghargaan terbaik nasional dalam melakukan pengobatan tuntas dan konsisten penanganan penyakit tuberculosis (TB).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi setempat, Aloysius Giyai seperti dilansir tabloidjubi.com, mengatakan, wakil direktur RSUD Jayapura dr Donal Aronggear sudah menerima penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan di Jakarta pada Sabtu, 24 Maret 2018 yang lalu.

Menurutnya, dalam waktu dekat akan dilakukan penyerahan penghargaan secara resmi di RSUD Jayapura. Ia mengatakan, penghargaan ini diberikan bukan berarti rumah sakit lain di Papua pelayanan TB-nya kurang baik, namun kedua RSUD ini pelayanannya terbaik ketika disandingkan dengan pelayanan TB di rumah sakit lain diseluruh Indonesia.

"Kedua RSUD itu melakukan pengobatan tuntas program TB. Dari 2016-2017 banyak penemuan kasus TB di Papua dan pengobatan tuntas," ujar Mantan Kepala RSUD Abepura itu.

Aloysius Giay yang juga menjabat Pelaksana Tugas Direktur RSUD Jayapura itu menyebutkan, faktor penyakit TB disebabkan karena faktor lingkungan, rokok, kontak asap di dalam rumah.

Ia menambahkan, satu keluarga bisa terkena TB karena sanitasi lingkungannya, kebersihan rumahnya tidak sehat dan ditularkan kepada keluarga lainnya.