Stok Obat Malaria Aman Hingga Juni 2018

Mar 29, 2018

Jakarta, 29 Maret 2018-- Penyakit malaria masih menjadi momok yang menakutkan bagi kesehatan masyarakat Papua secara umum. Meski begitu masyarakat Mimika tak perlu khawatir karena stok obat malaria aman hingga Juni 2018.

Kepala Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Nasriah SSi Apt di Timika, mengatakan, persediaan obat malaria cukup sampai bulan Juni. “Kami menghitung kebutuhan dan ajukan permintaan obat berdasarkan jumlah kasus. Yang tahu kasus itu orang program di Dinkes, kami di sini urusannya hanya logistik. Makanya kami selalu koordinasi," ujarnya.

Namun jika ada lonjakan kasus malaria, maka tak menutup kemungkinan Dinkes Mimika meminta IFK mengajukan permintaan obat ke Dinkes Provinsi. Selanjutnya IFK akan menghitung kebutuhan obat berdasarkan laporan jumlah kasus dari bagian program malaria Dinkes Mimika.

"Tapi di Dinkes Provinsi pun kami dievaluasi, tidak serta-merta yang diberikan itu sesuai permintaan yang kami ajukan," katanya.

Warga dapat memperoleh obat malaria dengan mudah sebab di Timika juga tersedia di klinik-klinik swasta. Obat malaria merupakan obat program dari Kementerian Kesehatan.

Pokja Papua

Mendorong terciptanya pertumbuhan ekonomi yang melibatkan perempuan dan suku-suku pedalaman Indonesia