Uni Eropa Jajaki Kerjasama Dengan Pemkab Jayawijaya

Mar 22, 2018

Jakarta, 22 Maret 2018-- Uni Eropa (UE) selaku organisasi antarpemerintahan dan supranasional yang beranggotakan negara-negara Eropa tengah menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, di berbagai sektor pelayanan kemasyarakatan.

Duta Besar Uni Eropa Vincen Guerend di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, seperti ditulis Antaranews, belum lama ini, mengatakan, pihaknya berkunjung ke Jayawijaya untuk menggali informasi tentang beberapa hal, misalnya terkait masalah sosial, ekonomi, politik dan juga pembangunan.

Usai menemui Sekretaris Daerah Jayawijaya Yohanes Walilo, tim Uni Eropa mengunjungi beberapa sekolah, rumah sakit, perkebunan kopi, produsen madu serta pihak kepolisian setempat.

Dubes Vincen mengatakan, semua informasi yang ia peroleh akan dibawa ke Jakarta untuk di diskusikan dengan duta besar negara-negara Uni Eropa lainya, untuk melihat ke depan kerjasama Uni Eropa dengan Indonesia.

Selain menggali informasi di sektor pelayanan kemasyarakat, kunjungan itu juga menggali informasi tentang perlindungan keanekaragaman hayati sebab organisasi itu juga bergerak di bidang "biodiversity".

Menurut Vincen, Uni Eropa mempunyai program di tingkat ASEAN termasuk di Indonesia yang tujuannya untuk pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati, dan itu juga dukungan termasuk dalam berbagai taman Nasional di Indonesia, termasuk taman Lorentz.

Sekretaris Daerah Jayawijaya Yohanes Walilo mengharapkan dengan adanya kunjungan itu, kedepannya ada dampak positif bagi pemerintah dan masyarakat Jayawijaya. "Baik itu melalui lembaga donor dan lain sebagai, sehingga sasaran yang diinginkan dapat bermanfaat bagi masyarakat di Jayawijaya," katanya.

Pokja Papua

Mendorong terciptanya pertumbuhan ekonomi yang melibatkan perempuan dan suku-suku pedalaman Indonesia